5 Investasi Jangka Panjang yang Patut Dicoba Para Pengusaha Muda

Masa pensiun yang masih cukup panjang biasanya menjadi alasan banyak yang tidak terlalu tertarik berinvestasi di usia muda. Padahal, semakin awal melakukan investasi jangka panjang, maka keuntungan di kemudian hari akan lebih besar didapat. Terlebih lagi, kita tidak pernah tahu kepastian keadaan ekonomi dan jalannya bisnis ketika menjadi pengusaha muda. Banyak juga anggapan di antara kita bahwa berinvestasi cocoknya dilakukan bagi para pengusaha yang telah memiliki stabilitas dalam usahanya. Padahal, belum tentu begitu.
 

 


Dalam artikel ini akan dibahas lima investasi jangka panjang yang sesuai dan patut dicoba untuk Anda, para pengusaha muda.


1. Emas

Dengan nilai sejarah yang bernilai, benda yang satu ini selalu menjadi pilihan dalam berinvestasi, terutama investasi jangka panjang. Salah satu alasan yang menyebabkan emas menjadi investasi yang menjanjikan adalah harganya yang terus menanjak. Sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbarui, permintaan pasar akan emas akan selalu besar. Selain itu, emas juga dianggap sebagai investasi yang cukup aman karena minim risiko terutama saat pasar saham sedang mengalami penurunan. Satu lagi kelebihan dari investasi yang satu ini, yakni mudah untuk diubah ke dalam bentuk lainnya, yaitu uang.


2. Tanah dan Bangunan

Jika Anda berminat untuk investasi jangka panjang yang lebih menjanjikan, tanah dapat menjadi pilihan. Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda berinvestasi dalam bentuk tanah dan bangunan, salah satunya adalah minimnya risiko kebangkrutan. Fungsinya sebagai salah satu kebutuhan dasar, yakni papan, membuat tanah akan selalu dibutuhkan. Per tahunnya, harga tanah dapat mengalami kenaikan hingga 15-20%. Terlebih, jika Anda cukup jeli untuk melihat peluang lokasi tanah, kenaikannya dapat mencapai berkali lipat. Anda pun dapat meningkatkan nilai investasi dengan membangun rumah, ruko, maupun kontrakan di atasnya.

Sayangnya, investasi tanah sering dianggap memberatkan karena membutuhkan dana yang besar. Padahal, tidak selalu seperti itu. Saat ini, Anda dapat memulainya dengan jasa KPR sehingga dapat dicicil dalam jangka waktu tertentu. Lebih mudah, bukan?


3. Asuransi

Jika menyebutkan investasi jangka panjang, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan asuransi. Dalam sebuah asuransi, Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus, yakni proteksi atau perlindungan dan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Apalagi, saat ini banyak produk asuransi yang menawarkan prosedur dan sistem pembayaran yang mudah.


4. Menanam Saham di Perusahaan Terbuka

Menanam saham di perusahaan terbuka menjadi cara berinvestasi yang menarik. Dengan investasi melalui saham, Anda sudah dapat disebut sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Bukti kepemilikan ini berupa selembar kertas dan mencantumkan nama pemilik dan juga jumlah saham yang Anda miliki. Jika perusahaan tempat Anda berinvestasi memiliki kemajuan yang baik dan tidak memiliki masalah, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.


5. Reksa Dana Saham

Terdapat tiga jenis investasi yang dapat Anda pilih jika memilih reksa dana saham, yakni saham, obligasi, dan pasar uang. Setiap jenisnya memiliki risiko berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan. Bagi Anda yang memiliki dana cukup besar, reksa dana ini merupakan salah satu jenis investasi yang sesuai ketika Anda menginginkan investasi jangka panjang.

Untuk itu, Bank DBS Indonesia menawarkan Reksa Dana Saham sebagai salah satu pilihan produk investasi. Reksa dana ini bertujuan untuk memberikan pertumbuhan modal jangka panjang bagi pemegang unitnya. Keunggulannya selain cocok untuk investasi jangka panjang (lima tahun lebih), juga dapat melayani kebutuhan akumulasi kekayaan dengan apresiasi modal.

Jadi semakin yakin untuk mencoba investasi jangka panjang, bukan?

 

Published on: 10/15/19, 11:52 AM
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript